Surat Izin Bekerja dari Orang Tua

Pengertian Surat Izin Bekerja dari Orang Tua



Surat izin bekerja dari orang tua adalah surat yang dikeluarkan oleh orang tua untuk memberikan izin kepada anaknya yang belum mencapai usia 18 tahun untuk bekerja. Surat ini dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan administrasi sebelum anak tersebut dapat bekerja secara legal.


Syarat Umum Surat Izin Bekerja dari Orang Tua



Untuk mengeluarkan surat izin bekerja dari orang tua, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Pertama, anak harus berusia di bawah 18 tahun. Kedua, orang tua harus memberikan izin secara tertulis dan resmi. Ketiga, surat izin harus mencantumkan nama lengkap anak beserta tanggal lahirnya.


Cara Membuat Surat Izin Bekerja dari Orang Tua



Untuk membuat surat izin bekerja dari orang tua, Anda dapat menggunakan format surat resmi. Pertama-tama, tuliskan alamat lengkap pembuat surat di sudut kanan atas. Kemudian, tuliskan tanggal pembuatan surat di bawah alamat. Setelah itu, tuliskan alamat tujuan surat di sebelah kiri bawah.
Selanjutnya, tuliskan salam pembuka dan sampaikan maksud surat dengan jelas dan singkat. Setelah itu, tuliskan nama lengkap anak dan tanggal lahirnya. Setelah itu, tuliskan izin bekerja yang diberikan oleh orang tua dengan jelas dan tegas.
Terakhir, tuliskan salam penutup dan tanda tangan orang tua. Jangan lupa untuk mencantumkan stempel atau cap tangan orang tua di atas tanda tangan. Setelah surat selesai dibuat, pastikan untuk menyalin dan menyimpan satu salinan untuk catatan pribadi.


Fungsi Surat Izin Bekerja dari Orang Tua



Surat izin bekerja dari orang tua memiliki beberapa fungsi penting. Pertama, surat ini membuktikan bahwa anak telah mendapatkan izin dari orang tua untuk bekerja. Kedua, surat ini membantu memudahkan proses administrasi sebelum anak dapat bekerja secara legal. Ketiga, surat ini dapat membantu melindungi anak dari pekerjaan yang berbahaya atau tidak sesuai dengan usianya.


Contoh Surat Izin Bekerja dari Orang Tua



Berikut ini adalah contoh surat izin bekerja dari orang tua:
[ALAMAT PEMBUAT SURAT]
[TANGGAL PEMBUAT SURAT]
[KANTOR ATAU PERUSAHAAN YANG DITUJU]
[ALAMAT KANTOR ATAU PERUSAHAAN YANG DITUJU]
Kepada Yth.
[PIHAK YANG DITUJU]
Dengan hormat,
Sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, kami selaku orang tua dari [NAMA ANAK] yang lahir pada tanggal [TANGGAL LAHIR], memberikan izin kepada anak kami untuk bekerja di [NAMA PERUSAHAAN] yang beralamat di [ALAMAT PERUSAHAAN].
Demikian surat izin ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat kami,
[TTD ORANG TUA]
[NAMA ORANG TUA]
[ALAMAT ORANG TUA]


Kesimpulan



Surat izin bekerja dari orang tua adalah surat yang dikeluarkan oleh orang tua untuk memberikan izin kepada anaknya yang belum mencapai usia 18 tahun untuk bekerja. Surat ini dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan administrasi sebelum anak tersebut dapat bekerja secara legal. Dalam membuat surat izin ini, pastikan untuk memenuhi persyaratan umum dan menggunakan format surat resmi. Surat izin ini memiliki beberapa fungsi penting, seperti membuktikan bahwa anak telah mendapatkan izin dari orang tua untuk bekerja dan melindungi anak dari pekerjaan yang berbahaya atau tidak sesuai dengan usianya.

close