Surat Izin Tidak Masuk Kampus

Pendahuluan



Surat izin tidak masuk kampus merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh mahasiswa ketika tidak dapat hadir dalam kegiatan perkuliahan. Surat ini dapat digunakan untuk mengajukan permohonan izin sakit, kepentingan keluarga, atau keperluan lainnya yang dapat menghalangi mahasiswa untuk hadir di kampus.


Langkah-langkah Pembuatan Surat Izin Tidak Masuk Kampus



Untuk membuat surat izin tidak masuk kampus, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, mahasiswa harus mengetahui alasan ketidak hadirannya di kampus. Setelah mengetahui alasannya, mahasiswa harus menulis surat izin dengan jelas dan singkat.
Kedua, mahasiswa harus mencantumkan identitas diri seperti nama, NIM, jurusan, dan angkatan. Hal ini penting untuk memudahkan pihak kampus dalam mengecek keabsahan surat izin.
Ketiga, surat izin harus ditujukan kepada pihak yang berwenang, seperti dosen atau bagian akademik. Surat ini juga harus dilengkapi dengan tanggal dan waktu ketidakhadiran mahasiswa di kampus.
Keempat, mahasiswa harus menandatangani surat izin tersebut sebagai tanda persetujuan dan kesepakatan atas ketidak hadirannya di kampus. Setelah itu, surat izin harus diserahkan ke pihak yang berwenang secepat mungkin.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kampus



Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kampus:
Kepada Yth,
Dosen Wali atau Bagian Akademik
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : (Nama Mahasiswa)
NIM : (NIM Mahasiswa)
Jurusan : (Jurusan Mahasiswa)
Angkatan : (Angkatan Mahasiswa)
Dengan ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan izin tidak masuk kampus pada hari/tanggal (tanggal ketidakhadiran) karena (alasan ketidakhadiran). Adapun kegiatan perkuliahan yang akan saya lewatkan adalah (nama mata kuliah dan jam perkuliahan).
Saya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan berjanji untuk mengikuti kembali kegiatan perkuliahan pada pertemuan berikutnya.
Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya dan saya akan siap menerima konsekuensi yang akan diberikan oleh pihak kampus.
Hormat saya,
(Nama Mahasiswa)


Kesimpulan



Membuat surat izin tidak masuk kampus memang sangat penting bagi mahasiswa. Dengan membuat surat tersebut, mahasiswa dapat memperoleh izin untuk tidak hadir di kampus dan menghindari konsekuensi yang mungkin diberikan oleh pihak kampus. Oleh karena itu, mahasiswa harus memperhatikan langkah-langkah dan contoh surat izin tidak masuk kampus agar surat yang dibuat dapat diterima oleh pihak kampus.

close